Turi Compindo

Label

Rabu, 11 November 2015

translate

Kecamatan Ngadirojo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Pacitan. Lorok atau Lorog adalah nama kecamatan ini yang juga populer.Pacitan terletak di kordinat 8° 13′ 0″ Lintang selatan, 111° 19′ 0″ Bujur Timur
Geografis dan kendudukan
Mata pencaharian penduduk: Mayoritas Petani, Pedagang, PNS, Swasta
Batas Wilayah
* Sebelah timur = Kecamatan Sudimoro
* Sebelah utara = Kecamatan Slahung kab.Ponorogo
* Sebelah Barat = Kecamatan Tulakan
* Sebelah Selatan = Samudera Indonesia
Desa
Berikut nama desa-desa di Kecamatan Ngadirojo adalah :
1. Wonokarto
2. Nogosari
3. Tanjung Lor
4. Bodag
5. Cangkring
6. Wonodadi Wetan
7. Wonodadi Kulon
8. Bogoharjo
9. Cokrokembang
10. Ngadirojo
11. Wiyoro
12. Tanjung Puro
13. Pagerjo
14. Hadiluwih
15. Hadiwarno
16. Sidomulyo
17. Wonosobo
Komoditas
Padi, Palawija, Cengkeh, Kelapa, Kakao, ikan laut. Daerah Sawah pertanian yang dapat ditanami Padi ialah Cokrokembang, Ngadirojo, Wiyoro, Hadiluwih, Hadiwarno. Tanaman Kakao yang baru beberapa tahun ini dikenalkan tumbuh subur di semua area yang menjadi ladang percontohan. Sedangkan Cengkih ditanam di Wonokarto dan Cokrokembang. Dua Desa yaitu Hadiwarno dan Sidomulyo memiliki potensi yang lebih baik, karena terletak di pinggir pantai. Disini tangkapan ikan dan lobster dihasilkan, hasilnya dikonsumsi penduduk dan dijual ke luar daerah.
Potensi pariwisata
Pantai Taman di Desa Hadiwarno dan Pantai Anakan merupakan obyek wisata utama yang dimiliki Lorok. Pada Dua hari Lebaran, biasanya wisatawan lokal membludak mengunjungi pantai dengan garis pantai sekitar 10 km ini. Ombaknya yang besar dan akses masuk yang mudah merupakan daya tarik pantai, namun sebaiknya pengunjung tidak mencoba untuk mandi disini.hal ini dikarenakan ombak laut selatan yang besar dan untuk keamanan. Retribusi masuk dikenakan 1000 rupiah pada dua hari lebaran oleh pengelola setempat.
Pantai Puring di Sidomulyo juga merupakan obyek wisata yang diminati dengan keindahan tebing pinggir pantainya yang indah.Lokasinya mudah dicapai dengan kendaraan bermotor.
Pantai Anakan merupakan lokasi unik karena dangkal, ideal bagi yang ingin mencoba mandi di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat. Disini pengunjung bisa membeli ikan tangkapan segar dari nelayan dengan harga yang relatif murah, dan jika berminat dapat sekaligus dengan dibakar.
Sentra usaha kerajinan tersebar di semua daerah dengan volume yang kecil. Usaha kerajinan Batik Tulis di Bogoharjo mampu menembus pasar Bali melalui peran distributor. Usaha pembuatan makanan kecil berupa kolong klethik tersebar di bodag dan cangkring. Lorok juga terkenal dengan Sale pisangnya yang unik karena dibungkus dengan daun pisang kering sehingga memberikan aroma tersendiri, namun sekarang agak sulit menemukan produk sale pisang dengan kemasan daun pisang kering, karena tergantikan dengan kemasan plastik yang lebih praktis.
Informasi tambahan
Kode pos Ngadirojo: 63572 Akses telepon masih satu Zona lokal dengan Kota Pacitan (Kode area 0357) semua nomer berawalan 441 Layanan telekomunikasi seluler telah ada di kawasan ini yaitu dari telkom Fleksi dan Telkomsel. Akses Internet secara terbatas dengan koneksi Telkomnet Instant (080989999) Rental Komputer sudah ada dibeberapa lokasi dengan pelayanan seperti ketik dan printing dan scanning Transportasi angkutan umum tersedia bus jurusan Ngadirojo-Trenggalek, Ngadirojo-Pacitan, angkutan umum Ngadirojo-Tulakan-Pacitan, ojek, dan becak, angkutan Lorok Pacitan. Ngadirojo-Trenggalel. Ngadirojo-Tulakan. bus travel atau carteran juga tersedia. Kondisi jalan semua sudah diaspal untuk jalur utama desa-desa.Pelayanan listrik PLN masuk mulaith.1994 Kanal televisi ada di VHF, terdapat beberapa relay Pemancar TVantara.lain, milik Pemda di Kantor kecamatan, di atas Baran Cokrokembang, Wonodadi Kulon, Pagerjo, Hadiluwih, dan Hadiwarno. Stasiun radio yang ada : GEMILANG FM 103.8 MHz, Dengan Daya pancar maksimum yang diijinkan pemerintah dengan coverage Radio di pacitan jawa timur yang mencakup Kecamatan Ngadirojo, Sudimoro, Tulakan, Kebonagung, Pacitan, Arjosari, Tegalombo, Nawangan, Bandar, Punung, Donorojo, Pringkuku,Kabupaten Ponorogo,Trenggalek, Madiun, Wonogiri, Wonosari, Baturetno Jawa tengah, RCBFM 105 MHz, Wonokarto, Dengan antenna dan receiver yang bagus sinyal radio FM komersial dari Kota Pacitan, Kota Madiun, Ponorogo atau bahkan Surabaya dapat ditangkap dengan baik. Even tahunan terbesar: Lebaran dan Agustusan Bagi pengguna jalan dari arah Trenggalek yang menuju Kota Pacitan, dapat menggunakan Jalur melalui Sidomulyo-Jetak yang membypass Jalur tanpa harus melewati Tulakan, jalur ini telah mengalami rehabitasi untuk menjamin kelancaran lalu lintas.
Ketinggian dari permukaan laut antara 10 – 750 M .
Iklim dan curah hujan di Kecamatan Ngadirojo dipengaruhi oleh keadaan yang sebagian besar dataran rendah dengan curah hujan rata-rata berkisar 2.742 mm / tahun dan suhu antara 22 0 C sampai dengan 26 0 C.
Kondisi hidrologi di Kecamatan Ngadirojo dilalui oleh sungai yang berhulu dibagian utara dan pada umumnya sungai – sungai tersebut dipergunakan untuk pengairan sawah dan tempat pencarian ikan.
Jumlah penduduk Kecamatan Ngadirojo sampai dengan bulan Juni 2010 sebanyak 49.164 jiwa terdiri dari :  laki – laki : 24.061 dan  perempuan : 25.103
Fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Kecamatan Ngadirojo diantaranya adalah dengan adanya Jalan Lintas Selatan (JLS) yang akan membuka isolasi kabupaten pacitan dengan daerah lainnya..
Pengembangan pariwisata, dengan penyediaan fasilitas yang memadai serta peningkatan sarana dan prasarana di lokasi wisata Taman Ria di Desa Hadiwarno, Segoro anakan di Desa Sidomulyo, Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Desa Wonokarto.
Home Industri masyarakat yang sangat potensial untuk dikembangkan antaralain :
Sentra Pengrajin Batik Tulis
Desa Bogoharjo
–          Batik Canthing Jaya
–          Batik Puspita
–          Batik Canting Emas
Desa Cokrokembang
–          Batik Puri
Desa Wiyoro
–    Batik Tengah Sawah
  • Desa Wonodadi Wetan
  • Desa Cangkring
  • Desa Ngadirojo
Sentra Pengarjin Emping Mlinjo
  • Desa Nogosari
  • Desa Cangkring
  • Desa Tanjunglor
Sentra Kripik Pisang, Singkong, Talas
  • Desa Wonodadi Kulon
  • Desa Hadiluwih
  • Desa Wiyoro
  • Desa Pagerejo
  • Desa Tanjungpuro
Sentra Kolong Klithek
  • Desa Bodag
  • Desa Cangkring
Sentra Gula Kelapa, Gula Aren
  • Desa Wonosobo
  • Desa Wonoasri
  • Desa Wonokarto
  • Desa Sidomulyo
  • Desa Hadiwarno
Sentra Pengrajin Pandai besi
  • Desa Wonokarto
  • Desa Pagerejo
  • Desa Tanjungpuro
Kesenian adat :
Kesenian Oglor di Desa Wonokarto
Kesenian Jangkrik Genggong di Desa Sidomulyo
Pembangunan pedesaan yang telah dilaksanakan adalah dengan meprioritaskan pembangunan fisik dan non fisik dengan tujuan untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat desa.

Kecamatan Ngadirojo adalah kecamatan yang terletak di sebelah timur dari ibu kota Pacitan. Kecamatan Ngadirojo memiliki jarak + 40 Km dari kota dengan luas wilayah + 9.590.54 Ha, pembagian luas wilayah tersebut terdiri dari 33 % dataran rendah, 9 % Landai,38 % Dering, dan 20 % terjal / gunung. Pembagian wilayah administratif, Kecamatan Ngadirojo mempunyai wilayah kerja terdiri dari 18 Desa yaitu :Desa Sidomulyo, Desa Hadiwarno, Desa Tanjungpuro, Desa Hadiluwih, Desa Pagerejo, Desa Wiyoro, Desa Ngadirojo, Desa Bogoharjo, Cokrokembang, Desa Bodag, Desa Tanjunglor, Desa Nogosari, Desa Cangkring, Desa Wonodadi Wetan, Desa Wonodadi Kulon, Desa Wonokarto, Desa Wonosobo, dan Desa Wonoasri.
potensi tempat-tempat wisata dikecamatan ngadirojo ini sangat besar. banyak tempat - tempat yang patut dijadikan tempat wisata. 
tempat - tempat wisata tersebut kebanyakan berupa wisata pantai. pantai - pantai di kecamatan ngadirojo ini termasuk samudera selatan. ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. tempat - tempat tersebut antara lain:
pantai pidakan
pantai soge
pantai taman
tempat - tempat wisata ini dapat menunjang perekonomian masyarakat ngadirojo setempat. karena setiap harinya pantai - pantai tersebut banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar kota pacitan.
berikut uraian tempat - tempat wisata di kecamatan ngadirojo:
1. pantai pidakan
Pantai Pidakan

Pantai Pidakan merupakan salah satu pantai yang terletak di sisi timur Kota Pacitan, di Dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan, sekitar 15 Km dari arah Kota Kecamatan Tulakan dan 30 Km dari Kota Pacitan.

Pantai ini masih berada di jajaran pantai sebelah timur Pacitan, tepatnya di sebelah barat Pantai Soge. Hampir seluruh bagian pantai ini dipenuhi dengan kerikil bulat halus berwarna putih yang membuat penampakan pantai menjadi sangat unik dan indah.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini selain akan disuguhi pemandangan pantai berkerikil yang eksotis. Mereka juga akan disambut oleh perkebunan kelapa yang ada di sisi timur, sehingga membuat suasana menjadi teduh dan damai.

hamparan batu, pasir dan karang akan kita jumpai di sekelilingnya, sejak adanya JLS pantai pidakan sangat mudah di kunjungi, ada 2 jalur bila kita datang dari arah pacitan akan menemui board non permanen di pinggir jalan bertuliskan Pantai Pidakan yg pertama kondisi jalanya makadam berbatu (lebih dekat) coba kita lewat board berikutnya jalanya bagus dan beraspal.
untuk pecinta fotografi lokasi ini ideal banget banyak four ground dan poi bertebaran di seketar pantai dan sangat cocok di explore pada pagi hari, kita juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau
Ada sedikit cerita mistis di pantai tersebut, menurut beberapa penduduk disana beberapa waktu yg lalu ada seorang fotografer yg berusaha memotret batu besar di pantai tersebut, tampa sebab apa fotografer tersebut langsung kesurupan, setelah di cari penyebabnya ternyata mereka ada yg mengambil batu dari panti pidakan tsb, intinya jangan merusak alam yg sampai saat ini masih jarang di nikmati oleh orang lain, seperti tertera di papan peringatan dekat pantai.
Pantai Soge

Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Taman atau sekitar 15 menit perjalanan dari Pantai Taman. Di Pantai Soge terdapat muara, dan tempat yang memungkinkan untuk kemping.

Dengan dibangunnya JLS di Pacitan membuat Pantai Soge menjadi tempat baru untuk nongkrong. Apalagi di kawasan Pantai Soge ini terdapat Jembatan Soge yang bagus. Pantai ini seolah menjadi ikon baru Kota Pacitan dengan jembatan biru yang indah di atas sungai yang bermuara di pantai ini. Bagi para pengunjung bisa mendapatkan penampakan jembatan yang lebih indah jika datang pada malam hari.
Tidak ada yang menyangkal status Pacitan sebagai salah satu penyedia pantai cantik di Jawa Timur. Meskipun kota yang satu ini mendapatkan julukan sebagai Kota Seribu Goa karna memang memiliki banyak goa
Faktanya, Pacitan punya banyak pantai yang bisa dijelejahi. Salah satu pantai cantik di Pacitan yang bisa kamu jelajahi adalah pantai Soge
Pantai Soge merupakan pantai yang lokasinya berada di pinggir jalan raya. Kecantikan pantai ini sudah bisa dilihat bahkan sebelum kita menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih. Sekilas, suasana pantai Soge ini agak mirip dengan pantai Senggigi yang ada Lombok dimana kecantikan pantai tersebut juga bisa disaksikan dari pinggir jalan
Baik pantai Senggigi maupun pantai Soge, keduanya menyajikan pemandangan laut yang cantik luar biasa dengan pasir lembut berwarna putih dan air laut yang biru menawan. Bedanya, pantai Soge jauh lebih sepi karna keberadaan pantai ini belum diketahui oleh banyak orang. Pamornya masih kalah dengan pantai Klayar yang sering-sering disebut oleh banyak traveler
Walaupun keindahan pantai Soge bisa dinikmati dari pinggir jalan, tidak afdol rasanya jika tidak mencoba mendekatkan diri dengan air laut. Menyaksikan buih yang hilang tersapu ombak selalu bisa memberikan sebuah ketenangan. Dan rasa ini hanya bisa didapatkan jika berada tepat di bibir pantai
Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai Soge. Sama seperti di pantai-pantai pada umumnya, kamu bisa berjalan santai bertelanjang kaki menyusuri setiap sudut pantai untuk mendapatkan ketenangan. Kelembutan pasir di pantai Soge yang terasa di telapak kaki akan menyebabkan rasa nyaman yang menenangkan pikiran. Ditambah lagi embusan angin yang sepoi-sepoi menerpa wajah. Terasa menyegarkan. Atau kamu ingin main-main dengan air? Tidak ada yang melarang
Di sekitar pantai Soge ada sebuah kubangan air yang mirip danau. Danau ini terbentuk akibat adanya sebuah gundukan pasir yang menyebabkan air pasang tak bisa kembali ke laut karna terhalang gundukan tersebut. Danau ini dikelilingi oleh pohon kelapa yang membuat suasana disana benar-benar pantai banget
Untuk bisa sampai ke pantai Soge dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan naik kendaraan bermotor dari pusat kota Pacitan. Lokasi pantai ini berada di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo

Pantai Taman

Pantai yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan ombak pantai selatan yang besar. Untuk menuju lokasi dari arah pusat Kota Pacitan dapat melalui dua rute.

Pantai Taman. terletak di sebelah barat Pantai Bawur yang telah menjadi PLTU. Pantai yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan ombak pantai selatan yang besar. Pantai Taman yang letaknya di sebelah barat Pantai Kunir.

Selain Pantai Obyek Wisata Pantai Taman cocok untuk liburan keluarga  dengan memiliki fasilitas dan tempat yang meanarik selain pantai yaitu :

  • Flaying fox ~500M, di pantai.taman PACITAN, cukup 25k sudah bikin jantung copot : Disebelah barat ada tebing tinggi yang di atasnya adalah Start dari jalur Flying Fox terpanjang di Indonesia. Wahana ini di resmikan oleh Bupati Pacita yang pasnya tanggal 9 september 2013. Wahana ini meluncur di pinggir pantai Taman dan di atas Tempat Konservasi Penyu. Flying Fox ini panjangnya 415 meter, dengan ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2.5 ton, dengan kecepatan luncur 50km, dan waktu yang di tempuh adalah 30 detik yang dilengkapi dua jalur kabel yg menurut pengelola masing-masing berkekuatan 2500 kg. (http://muhammadfajarsaputro.blogspot.com)
  • Resto Apung Pantai Taman Pacitan, Destinasi Baru Wisata Favorit Keluarga
  • Tempat konservsi penyu di Pacitan
Pertama, dengan melewati rute bus atau angkutan umum jurusan Pacitan-Lorok, yang mana mengharuskan para wisatawan melewati jalan yang berliku dengan kombinasi tanjakan tajam, kendati kondisi jalan telah halus dan juga lebar.
Alternatif kedua yaitu dengan melewati akses Jalur Lintas Selatan, dengan melewati rute ini akan memberikan para wisatawan waktu tempuh yang lebih singkat yakni sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota. Pantai Taman adalah sebuah pantai yang memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai, sebab pantai ini telah dikelola oleh pemerintah daerah.

Mulai dari ketersediaan toilet umum, warung makan, area outbound hingga penangkaran penyu. Hamparan pasir pantai yang luas sangat nyaman digunakan untuk berjemur.

Namun bagi para pengunjung disarankan untuk tidak berenang di laut, sebab ombak yang besar dapat menyeret para pengunjung ke tengah lautan. Sebagai gantinya pangunjung dapat mencicipi wahana flying fox yang sangat tinggi dengan jarak luncur 400 meter dan tinggi 150 meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

turi comp