Turi Compindo

Label

Rabu, 11 April 2012

VGA (Merakit PC (XMM))

PENGERTIAN VGA 
(VIDEO GRAPHICS ADAPTER)
X MM

I. Pengertian VGA
VGA adalah pheriperal komputer yang berfungsi untuk merubah data dari data digital ke data analog atau grafis yang kemudian akan ditampilkan pada layar monitor. Pada umumnya VGA yang digunakan pada komputer terdapat 2 jenis yaitu :
a. VGA On Board :
VGA OB : tidak memiliki memory sendiri sehingga VGA OB menggunakan sebagian kapasitas RAM utama pada motherboard, sehingga akan membuat kinerja RAM menjadi lambat, sehingga jika mau membeli motherboard baru maka harus mempertimbangkan terlebih dahulu memilih VGA OB atau VGA Card, jika memilih VGA OB maka Anda harus membeli RAM yang berkapasitas besar pula tetapi jika Anda memilih VGA Card Anda tidak perlu membeli memory yang berkapasitas besar hanya dengan memory 256MB (untuk office) sudah cukup. VGA OB juga memiliki kinerja yang rendah dibandingkan dengan VGA Card, jika Anda adalah seorang Gamer maka diharus untuk membeli VGA Card yang mendukung 2d dan 3d dan yang berkapasitas besar pula, tapi sekarang VGA OB kinerjanya sudah hampir mendekati kinerja VGA Card.
b. VGA Card :
VGA yang berbentuk seperti kartu yang ditancapkan pada soket VGA yang tersedia pada motherboard sesuai dengan typenya, pada VGA Card VGA tersebut memiliki chipset memori sendiri sehingga tidak mengambil memori pada matherboard yang pada akhirnya meringankan kerja dari matherboard. Pada umumnya VGA Card yang digunakan untuk pentium III sampai dengan pentium IV menggunakan VGA card yang bertype AGP (Adapter Graphics Port), sedangkan untuk keluarga Core (Dual Core) sampai dengan terakhir menggunakan VGA bertype PCI Ekspress. Sedangkan Motherboard yang tidak memiliki soket AGP bisa menggunakan VGA Card dengan tipe VGA PCI. Berikut ini beberapa type dari VGA Card antara lain :
1. VGA PCI
VGA PCI, vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut:

2. VGA AGP
VGA Jenis AGP, awal dibuatnya vga agp, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis agp, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah, berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya:




3. VGA PCI Ekspress
VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express:



Read More
Komponen dan Alur Data Pada VGA
  • GPU ( Graphic Processor Unit) atau VPU ( Visual Processing Unit), berfungsi untuk memproses sinyal gambar yang akan ditampilkan ke monitor. Pada awalnya VGA dioptimalisasi untuk 2D (grafik dua dimensi) namun perkembangan saat ini lebih banyak dioptimalkan untuk 3D. GPU berbentuk chipset yang sudah tertanam pada VG board.
  • Video Memory, berupa RAM dengan kapasitas tertentu. VGA terbaru mempunyai kapasitas memori yang besar dan cepat. Fungsi utama dari video memory adalah sebagai tempat penyimpanan frame buffer.
  • RAMDAC (random Access Memory Digital-to-Analog Converter), chip untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Informasi gambar yang akan ditampilkan tersimpan sementara pada video memory (RAM) dalam data digital. Untuk menampilkannya ke dalam monitor analog, RAMDAC akan membaca isi video memory, mengubah data digital menjadi sinyal analog, dan mengirimkannya melalui kabel video ke monitor. Komponen inilah yang menentukan refresh rate dari kartu video.


Kekuatan kartu video di tentukan oleh banyak faktor, berikut spesifikasi yang paling menentukan :

• GPU clock speed (MHz)

• Ukuran bus memori (bits)

• Jumlah memori yang tersedia (MB)

• Memory clock rate (MHz)

• Memory bandwidth (GB/s)

• Kecepatan RAMDAC (MHz)



Gambar Alur Data Pada VGA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

turi comp