Turi Compindo

Label

Kamis, 09 Agustus 2012

Membuat Sispan Key Animation Ke dalam Sajian Multimedia Kelas XI (MM 1 - 3)


Membuat Sispan Key Animation
Ke dalam Sajian Multimedia
Kelas XI (MM 1 - 3)

Untuk membuat suatu produksi animasi kita bisa menggunakan program pembuat animasi. Program pembuat animasi yang ada terdapat bermacam - macam, ada program pembuat animasi 3 Dimensi salah satunya adalah Program 3DSmax dan pembuat animasi 2 Dimensi salah satunya adalah program Macromedia Flash. Namun dalam pelajaran ini kita akan membuat suatu program animasi dengan fokus objek yang akan kita buat adalah suatu kunci yang kemudian akan kita buat animasinya. Sebelum kita membuat suatu produk animasi ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan yaitu :
1. Kita harus membuat StoryBoard.
Storyboard adalah suatu rancangan cerita atau alur cerita yang akan digunakan sebagai alur cerita pergerakan pada pembuatan suatu produk animasi.
2. Kita membuat Objek Materi.
Setelah kita membuat Storyboard, tahapan selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat objek - objek yang akan kita gunakan dalam rangkaian animasi.
3. Kita membuat Rancangan Teknik animasi.
Setelah kita membuat Objek materi, tahapan berikutnya adalah kita harus merencanakan dan membuat teknik, arah dan jenis pergerakan yang akan buat sesuai dengan alur cerita yang telah kita buat dalam Storyboard.
4. Finshing (rendering)
Setelah kita membuat storyboard, desain materi objek, dan teknik animasi, selanjutnya kita menyeleasikan produk animasi tersebut sampai selesai.

1. Membuat Story Board.
Storyboard adalah suatu rancangan cerita atau alur cerita yang akan digunakan sebagai alur cerita pergerakan pada pembuatan suatu produk animasi. Sebelum storyboard kita buat, terlebih dahulu kita harus bisa menentukan tema dari suatu pergerakan animasi. Seperti contoh sesuai dengan materi pelajaran yang kita pelajari. Kita harus memikirkan bahwa kita akan mengolah sebuah objek kunci yang akan kita buat ke dalam animasi. Misalkan Storyboardbya sebagai berikut :
a. Ada sebuah roda lengkap dengan baut - bautnya.


b. Sebuah kunci pas, bergerak menuju ke salah satu baut.

c. Kemudian kunci tersebut berputar untuk melepaskan baut hingga terlepas.

d. Setelah terlepas, kunci tersebut bergerak ke baut lainnya hingga semua baut terlepas.

e. Setelah terlepas semua baut - baut yang ada pada roda terlepas maka roda tersebut terlepas dari porosnya.

Nah dari Storboard di atas, maka kita akan mendapatkan suatu konsep tentang animasi yang akan kita kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

turi comp