Turi Compindo

Minggu, 23 September 2012

K3LH (Materi 3) Kelas XII MM 1-3

K3LH Dalam Bidang TIK
Materi 3

Dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari karyawan/pekerja di sektor kesehatan tidak terkecuali di Rumah Sakit maupun perkantoran, akan terpajan dengan resiko bahaya di tempat kerjanya. Resiko ini bervariasi mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat tergantung jenis pekerjaannya.
Dari hasil penelitian di sarana kesehatan Rumah Sakit, sekitar 1.505 tenaga kerja wanita di Rumah Sakit Paris mengalami gangguan muskuloskeletal (16%) di mana 47% dari gangguan tersebut berupa nyeri di daerah tulang punggung dan pinggang. Dan dilaporkan juga pada 5.057 perawat wanita di 18 Rumah Sakit didapatkan 566 perawat wanita adanya hubungan kausal antara pemajanan gas anestesi dengan gejala neoropsikologi antara lain berupa mual, kelelahan, kesemutan, keram pada lengan dan tangan.
Di perkantoran, sebuah studi mengenai bangunan kantor modern di Singapura dilaporkan bahwa 312 responden ditemukan 33% mengalami gejala Sick Building Syndrome (SBS). Keluhan mereka umumnya cepat lelah 45%, hidung mampat 40%, sakit kepala 46%, kulit kemerahan 16%, tenggorokan kering 43%, iritasi mata 37%, lemah 31%.

Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, pasal 23 mengenai kesehatan kerja disebutkan bahwa upaya kesehatan kerja wajib diseleng-garakan pada setiap tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai resiko bahaya kesehatan yang besar bagi pekerja agar dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya, untuk memperoleh produktivitas kerja yang optimal, sejalan dengan program perlindungan tenaga kerja.
HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN PELAKSANAAN K3 PERKANTORAN
Ada beberapa hal penting yang harus mendapatkan perhatian sehubungan dengan pelaksanaan K3 perkantoran, yang pada dasarnya harus memperhatikan 2 (dua) hal yaitu indoor dan outdoor, yang kalau diurai seperti dibawah ini :
Konstruksi gedung beserta perlengkapannya dan operasionalisasinya terhadap bahaya kebakaran serta kode pelaksanaannya.
jaringan elektrik dan komunikasi.
kualitas udara.
kualitas pencahayaan.
Kebisingan.
Display unit (tata ruang dan alat).
Hygiene dan sanitasi.
Psikososial.
Pemeliharaan.
Penggunaan Komputer.
Selain bahaya pada kesehatan yang berkaitan dengan tempat kerja. Pada jaman era globalisasi ini. Dimana segala hal sangat berkaitan dengan komputer dan informasi global (internet). Dimana tidak hanya data - data sederhana, namun juga data - data yang sangat penting bahkan bisa menyangkut hajat hidup seseorang, kelompok bahkan negara. Dengan dalih kemudahan dalam suatu komunikasi, maka data - data tersebut banyak berterbangan di dunia maya atau internet, dimana selain kemudahan yang didapatkan namun ada juga resiko yang selalu mengintai dalam kemudahan tersebut. sebut saja banyak terjadinya kejahatan - kejahatan di dunia maya, adanya istilah hecker, pencurian data, pembajakan hasil karya, pembobolan kartu kredit maupun atm, dan masih banyak lagi. Materi selanjutnya dapat diunduh pada link di bawah ini :

http://www.mediafire.com/view/?5jgctlxgklttk30


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

turi comp